Address : Jl. Samanhudi No. 20 Medan

Call Us Today : (061) 4158383

  • Call Us Today! (061) 4158383
  • Alamat: Jl. Samanhudi No. 20 Medan, Sumatera Utara - Indonesia
  • Email: customer_assistance@stellamarishospital.com
blog

Cegah Sering Kentut Saat Hamil dengan Cara Ini!

Sering kentut saat hamil merupakan salah satu perubahan pada tubuh yang mungkin akan atau sedang Moms hadapi. Meski sebenarnya normal, namun hal ini mungkin bisa membuat Moms nggak nyaman atau bahkan malu terlebih bila terjadi di tempat umum.

Memang, sering kentut semasa hamil merupakan hal yang normal disebabkan oleh perubahan alami saat hamil dan bisa juga faktor makanan. Rata-rata Ibu hamil bisa kentut hingga 18 kali per hari. Tentunya Moms nggak perlu khawatir sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi mencegah hal tersebut.


Penyebab Sering Kentut Saat Hamil

Sering kentut saat hamil disebabkan oleh salah satu atau beberapa kondisi sekaligus. Di bawah ini merupakan beberapa penyebab sering kentut saat hamil yang paling umum terjadi, yakni:

1. Hormon progesteron meningkat

Meningkatnya kadar hormon progesteron saat hamil dapat menyebabkan Moms lebih sering kentut. Hormon ini membuat otot-otot di dalam tubuh termasuk otot pada usus menjadi rileks sehingga memperlambat proses pencernaan.

Hal ini kemudian menyebabkan penumpukan gas sehingga Moms menjadi lebih sering kentut, kembung atau sendawa. Selain itu, otot panggul yang juga melemas membuat Moms lebih susah menahan kentut.

2. Rahim membesar

Selain peningkatan hormon, rahim yang membesar juga dapat menekan rongga perut dan menyebabkan Moms sering kentut. Penekanan rongga perut juga dapat melambatkan proses pencernaan dan menyebabkan penumpukan gas.

3. Konsumsi makanan dan vitamin 

Makanan dan vitamin yang Moms konsumsi, terutama yang tinggi zat besi juga dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit. Kondisi ini dapat mengumpulkan banyak gas di dalam perut, hingga akhirnya menyebabkan Moms menjadi sering kentut saat hamil.


Mencegah Sering Kentut Saat Hamil

Di bawah ini merupakan cara yang dapat dilakukan agar Moms bisa mengontrol kentut saat hamil:

  • Hindari makan banyak sekaligus. Makanlah dalam porsi kecil dengan waktu makan yang lebih sering.
  • Usahakan untuk makan dan minum secara perlahan guna mengurangi udara yang tertelan saat mengonsumsi makanan dan minuman.
  • Batasi konsumsi makanan yang dapat memicu gas dalam usus seperti brokoli, kentang, kubis, kacang, gandum, permen dan gorengan.
  • Hindari konsumsi minuman bersoda dan minuman dengan pemanis buatan.
  • Cukupi kebutuhan serat dengan pelbagai buah dan sayuran segar.
  • Cukupi konsumsi air mineral.
  • Kendalikan berat badan saat hamil guna meminimalkan tekanan pada saluran pencernaan.
  • Lakukan olahraga yang aman untuk Ibu hamil seperti yoga atau berenang.

Nah dengan mengetahui informasi di atas, sering kentut saat hamil masih bisa Moms kendalikan. Namun bila masih tetap saja sulit untuk dikendalikan, Moms bisa berkonsultasi langsung ke Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan RSIA Stella Maris untuk memastikan bahwa tidak ada gangguan kesehatan lain yang menyebabkan Moms menjadi sering kentut.

Tags

RSIA Stella Maris obgyn dokter kandungan kentut kentut saat hamil mencegah tips